Lingkungan sekolah merupakan suatu wadah belajar dan pembentukan karakter siswa yang merupakan generasi penerus bangsa. Sekolah merupakan wadah untuk mengembangkan berbagai aspek, menyangkut pengembangan kognitif, afektif dan psikomotor sebagai bekal dalam menghadapi tantangan zaman.
Salah satu karakter yang harus dimiliki siswa adalah kepedulian dan kecintaan terhadap lingkungan. Karakter tersebut salah satunya dapat diwujudkan melalaui program adiwiyata. SMAN 1 Nglames merupakan sekolah Adiwiyata. Salah satu upaya sekolah dalam mendukung program adiwiyata adalah membangun green house.
Green house merupakan bangunan yang dibangun menggunakan bahan dari kaca atau plastik atau fiber yang tebal menutupi seluruh permukaan kerangka bangunan yang dapat ditembus cahaya. Green house sering disebut rumah kaca.
Green house pada umumnya digunakan untuk memanipulasi kondisi lingkungan agar tanaman di dalamnya dapat tumbuh dan berkembang maksimal.
Green house SMAN 1 Nglames berada di halaman belakang, dekat dengan lapangan upacara. Di dalam green house terdapat beberapa jenis tanaman, antara lain: Tanaman hias terutama anggrek yang digantung di tepi-tepi atap dan tanaman hias lainnya,
tanaman sayur (sawi, bayam, kangkung, selada) yang ditanam dengan sistem hidroponik, cabe, terong, kucai, ketela jepang, dan lain-lain. Selain itu di luar green house juga di tanami beberapa jenis buah-buahan yang ditanam dengan sistem tabulampot antara lain: jambu air, jeruk, sawo, kelengkengkeng dan lain-lain.
Perawatan greenhouse di SMAN 1 Nglames melibatkan beberapa komponen yaitu siswa, pramu dan guru mata pelajaran khususnya Biologi, PKWu, kepramukaan dan PLH secara bergiliran.
Keberadaan greenhouse di SMAN 1 Nglames dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran khususnya bagi pelajaran biologi, PKWu dan PLH. Pada pelajaran biologi green house dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi keanekaragaman hayati, kingdom plantae, pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, perkembangbiakan tumbuhan dan lain-lain.
Pada Pelajaran PKWu green house dapat digunakan sebagai media pembelajaran bidang budidaya tumbuhan mulai dari pembibitan, pertumbuhan, promosi sampai menjual produknya meskipun masih pada kalangan intern sekolah. Hal ini dapat melatih dan membekali siswa untuk berwirausaha di bidang pangan dan pertanian. Sedangkan pada pelajaran PLH
green house dapat digunakan sebagai sarana praktikum perkembiakan tumbuhan, dan mengajak para siswa untuk mengenali, mencintai dan melestarikan lingkungan.
Begitu pentingnya greenhouse bagi sekolah maka marilah kita rawat greenhouse dan lingkungan sekolah pada umumnya agar tercipta lingkungan sekolah yang ideal yaitu yang mampu menciptakan suasana aman, nyaman, rapi asri dan kondusif yang dapat memperlancar proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Di masa pandemi Covid-19 ibu-ibu dharma wanita SMAN 1 Nglames kab. Madiun tidak mau ketinggalan dengan tetap melakukan kreatifitas kegiatan yang produktif. Kita tahu bahwa beberapa jenis produk yang lagi tren di era pandemi ini seperti masker, handsanitizer, alkohol, desinfektan, face shield, ...
Masa pandemi bukan halangan untuk berprestasi. Hal itulah yang dialami oleh dua orang siswa SMA Negeri 1 Nglames. Di tengah pandemi Covid-19 ini, tak menyurutkan semangat dua orang siswa SMA Negeri 1 Nglames, yakni Rio Mahesa Putra dan Dimas Budi Santoso untuk menorehkan prestasi ...